Hari Buruh : FSPMI dan SARBUMUSI Rencanya akan turun Jalan

buruh Berdemo, Turun Jalan, Pasuruan
Pasuruan (Madura Portal) - Peringatan Hari Buruh di Kabupaten Pasuruan Selasa (1/5/2012) esok, dipastikan berlangsung ramai. Sekitar 15 ribu buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) rencananya akan turun jalan.

Kapolres Pasuruan AKBP Achmad Ibrahim mengatakan, para pengunjuk rasa akan berkumpul di GOR Raci untuk menggelar mimbar bebas. "Ada 3 titik kumpul dari kelompok massa yang akan menuju ke GOR Raci. Mereka kelompok dari Gempol, Pandaan dan Purwosari. Diperkirakan massanya kurang lebih 15 ribu buruh" katanya Senin (30/4/2012).

Di GOR Raci tersebut, nantinya para buruh akan menggelar orasi untuk menyampaikan segala hal yang menjadi tuntutan mereka. Pasalnya, Bupati Pasuruan Dade Angga dan Ketua DPRD Irsyad Yusuf juga akan hadir dalam forum itu. "Disana ada bupati, ketua DPRD, akan kita siapkan panggung, sound sistem, semua sudah siap" imbuh kapolres.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, Polres Pasuruan menyatakan siap mengawal peringatan May Day esok hari. "Kekuatan yang kita kerahkan besok, hampir 1000 personil. Dengan jumlah 600 anggota polri, 300 lebih anggota TNI, kemudian dari dishub, dari linmas, satpol PP, PMK dan ambulance" jelasnya.

Mantan Kapolsek Penjaringan, Jakarta Utara ini mengungkapkan, jika aksi buruh esok tak akan ada aksi sweeping di perusahaan-perusahaan. "Kita sudah survey, antisipasi, pengalihan arus sudah kita persiapkan, termasuk pengawalan. Kalau sampai sekarang, insyaallah tidak ada sweeping, mereka hanya orasi saja" ungkapnya.

Agar tak terjebak pada kemacetan arus lalu lintas, Achmad Ibrahim pun menghimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari jalur pantura Pasuruan. "Makanya saya menghimbau kepada masyarakat Pasuruan, Sidoarjo, Malang, Probolinggo hindari jam 8:00-12:00 WIB melewati Pasuruan," sarannya.[bec/ted]

Sumber : beritajatim.com

Silahkan tinggalkan komentar anda, baik saran atau kritik. Satu Komentar sangatlah berharga asalkan jangan nyepam